Pages

Jumat, 22 Juli 2011

Why JAVA ?

"Tanda Tanya Besar ?"
Why JAVA? Mengapa JAVA? Mengapa kita menggunakan JAVA? Mungkin itu yang akan ditanyakan seseorang yang baru mengenal tentang JAVA. Emmm karena JAVA adalah bahasa pemrograman (generasi ke-3) yang sangat powerful. Mempunyai fitur-fitur yang lengkap yang memudahkan kita dalam mengembangkan program atau aplikasi kita. Akan saya jelaskan disini , jangan bosan" untuk nambah ilmu :D

Multi Platform
JAVA bersifat multi platform, maksudnya program JAVA dan hasil kompilasinya (bytecode) bisa berjalan di semua platform, baik platform hardware maupun software. Misalnya, kamu sudah membuat program JAVA di Macbookmu dengan macOS tentunya, lalu program JAVA dan hasil kompilasinya kamu jalankan di PC dekstopmu dengan OS Windows atau Linux atau Open Solaris atau apa saja. Dapat dipastikan program JAVA tersebut akan berjalan. Seperti moto JAVA yaitu WORA. Apa itu WORA? WORA is Write Once Run Anywhere. Jadi kamu cukup membuat program sekali saja, lalu kamu bisa menjalankannya dimana saja. Namun ada syaratnya, syaratnya cuma….di computer yang akan digunakan untuk membuka dan menjalankan program JAVA harus ter-install JDK (Java Development Kit).


Open Source
JAVA adalah salah satu bahasa pemrograman yang open source. What does it mean? Maksudnya open source itu jika ada suatu aplikasi (JAVA) yang sudah jadi, kita bisa melihat source codenya, bisa mengembangkannya dan bahkan kita bisa mengkomersilkannya. JAVA mulai open source sejak oktober 2006.

Gratis
Selain open source, JAVA itu sudah FREE alias gratis. Sudah gratis, open souce, tinggal modifikasi lalu dikomersilkan dan kita bisa dapet komisi deh. Jadi semua orang bisa mengembangkan JAVA.


Powerful and Safe
JAVA itu hebat dan aman. Sudah hebat aman lagi. JAVA sering digunakan dalam pembuatan aplikasi besar tingkat tingkat tinggi dan dengan tingkat keamanan yang tinggi pula. Seperti di bidang telekomunikasi dan banking yang sangat dibutuhkan keamanan yang tinggi. Dan JAVA sudah dikembangkan hampir 20 tahun. JAVA is safe, u know? Keamanan maksimal dengan melibatkan security experts dari seluruh dunia dan security level dapat dikonfigurasi.


Never Ending
Teknologi JAVA tidak ada matinya, selalu dikembangkan terus-menerus. Dan diramalkan JAVA bisa bertahan 50 sampai 100 tahun lagi, bahkan bisa juga selamanya. Why? Because…. JAVA ini dikembangkan oleh banyak perusahaan besar di bidang IT seperti IBM, Oracle, Microsoft, SUN, dll. Jadi seandainya SUN bangkrut JAVA akan tetap ada, karena masih banyak perusahaan yang mengembangkannya. JAVA juga dipercaya oleh perusahaan besar seperti eBAY, Amazon, google, Yahoo!, dll.


Community
Di Dunia JAVA juga ada komunitasnya lhooo…biasa disebut dengan istilah JUG. Singkatan dari JAVA User Group. Ada JUG World, JUG Negara-negara, JUG regional, bahkan JUG campus. Saya tergabung di JUG-regional (JUG-Joglosemar >> Jogja Solo Semarang) dan JUG campus (JUCY >> JAVA UKDW Community). Sudah disupport banyak perusahaan, ada komunitasnya juga yang turut mengembangkan dan mempelajari JAVA. Dan dengan bergabung dalam komunitas itu, kita bisa saling belajar, bertukar ilmu, sharing tentang teknologi JAVA. Jadi rasa sulit itu bisa teratasi, karena bisa jadi masalah ang kita hadapi sudah pernah dihadapi orang lain jadi kita bisa menemukan solusinya lewat komunitas JAVA ini.semakin lama komunitas akan semakin berkembang dan anggotanya akan semakin hebat.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More